Cara Merawat Lantai Kayu Anda

Kehidupan pelayanan lantai kayu didasarkan pada dua aspek. Yang pertama adalah keputusan Anda dalam memilih satu jenis konstruksi kayu di atas yang lain dan yang terpenting adalah cara Anda merawat dan merawat kayu tersebut. Dalam panduan ini kami akan menjelaskan metode yang tepat untuk merawat lantai kayu serta dua jenis konstruksi yang tersedia untuk properti domestik dan komersial.

Jenis Lantai- Ada dua jenis lantai kayu ‘asli’. Beberapa lebih cocok dalam situasi tertentu daripada yang lain. Satu disebut lantai kayu solid, sedangkan yang kedua disebut lantai kayu rekayasa.

Lantai Kayu Solid- Setiap papan lantai terbuat dari kayu solid lengkap seperti Oak. Konstruksi ini memberikan umur panjang papan lantai sekitar 100 tahun bila dirawat dengan cara yang benar. Kayu solid akan bereaksi terhadap perubahan iklim. Pada kondisi panas kayu akan memuai dan pada kondisi dingin kayu akan berkontraksi. Ini dapat menyebabkan celah di lantai serta mempercepat keausan. Lantai kayu solid tidak disarankan, oleh karena itu, di area yang mengalami perubahan iklim seperti kamar mandi, dapur, dan bahkan konservatori.

Lantai Kayu Rekayasa- Setiap papan lantai terbuat dari tiga hingga empat lapisan. Lapisan atas terbuat dari kayu solid, sedangkan tiga lainnya terbuat dari bahan sintaksis. Tidak seperti lantai kayu solid, papan ini dapat dipasang di seluruh rumah atau properti komersial; namun, masa pakai tidak sama dengan lantai kayu solid.

Keputusan Anda seringkali didasarkan pada lokasi di mana lantai akan dipasang dan keterbatasan anggaran, karena papan rekayasa cenderung lebih terjangkau karena penggunaan kayu solid yang lebih sedikit.

Perawatan Lantai Kayu- Profesional perawatan properti adalah taruhan teraman Anda dalam hal merawat lantai komersial Anda. Namun, kami memahami bahwa sebagian besar lantai kayu batam rumah tangga akan memilih untuk merawat sendiri. Berikut adalah beberapa metode yang disarankan untuk digunakan saat membersihkan lantai kayu:

Kosongkan ruangan – Lebih mudah, setidaknya sesekali, untuk membersihkan permukaan saat benar-benar bebas dari hambatan apa pun. Saat memindahkan barang-barang seperti furnitur berat, pastikan untuk mengambil barang tersebut daripada menyeretnya ke permukaan kayu. Menyeret adalah cara pasti untuk merusak lapisan papan lantai.

Hoover atau sapu lantai – Saat menggunakan pengisap atau sikat, Anda harus berhati-hati agar tidak merusak kayu. Saat menggunakan pengisap, gunakan ekstensi yang lembut, bukan yang plastik. Jika pengisap bergerak dengan menggunakan roda, bersihkan dengan cepat sebelum memulai karena dapat menarik partikel kotoran yang kemudian akan merusak kayu. Saat menggunakan sikat, bersihkan sikat dengan cepat untuk memastikan bulu halusnya tidak mengandung kotoran.

Mengepel lantai – Kesalahan terbesar dan berpotensi mempercepat umur kayu adalah menggunakan terlalu banyak air. Tidak perlu merendam lantai dalam air. Sebuah pel basah benar-benar semua yang diperlukan.

Tambahkan pembersih kayu – Setiap beberapa minggu, ulangi tahap di atas, tetapi kali ini, tambahkan pembersih kayu khusus ke dalam campuran. Ini adalah cairan yang diformulasikan ramah-kayu yang tidak termasuk pemutih atau deterjen abrasif lainnya.

Periksa pelapisan – Papan lantai dilapisi dengan lapisan pelapis yang dirancang untuk memberikan tingkat perlindungan dasar. Bahan umum termasuk minyak dan berbagai lak. Seiring waktu, hasil akhir ini akan memudar karena lalu lintas pejalan kaki dan pembersihan yang salah, jadi mungkin perlu diisi ulang sekitar setahun sekali.

Tip teratas – Disarankan untuk memasang keset di pintu masuk dan keluar ruangan. Tikar murah ini sangat bagus dalam menarik kotoran yang jika tidak akan sampai ke lantai.