Ada beberapa permainan yang benar-benar menentukan waktu mereka dan Carcassonne adalah salah satunya. Dirancang oleh Klaus-Jürgen Wrede dan diterbitkan pada tahun 2000 oleh Hans im Glück, itu membuat dampak besar pada industri permainan papan dan membawa banyak orang yang telah kehilangan kontak dengan permainan papan kembali ke jalurnya. Sekarang di tahun 2012, setelah lebih dari satu dekade, dan dengan lusinan ekspansi yang tersedia, Carcassonne masih bersinar dan membuktikan dari apa permainan yang bagus dibuat. Mari terjun ke dunianya yang indah.
Ikhtisar Game
Carcassonne adalah kota kecil di Prancis Selatan, terkenal dengan benteng kokohnya yang masih berdiri dan merupakan bagian dari daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Hal ini dikelilingi oleh dua baris besar tembok berbenteng yang membentang hampir 2 mil panjangnya, ditekankan oleh 56 menara pengawas.
Itu mungkin inspirasi untuk game ini yang berkembang di sekitar membangun kastil, jalan, pertanian, dan serambi di area kota yang terkenal. Carcassonne adalah permainan peletakan ubin untuk seluruh keluarga. Ada 72 ubin tanah yang menggambarkan lahan pertanian, jalan, kota, dan serambi. Setiap pemain memulai dengan 7 pengikut (meeples) yang merupakan persediaannya dan dapat digunakan sebagai petani, pencuri, ksatria atau biksu selama permainan dengan menempatkan mereka di ubin yang baru ditempatkan.
Pada awal permainan, setiap pemain menempatkan salah satu pengikutnya di papan skor untuk digunakan sebagai penanda skor.
Permainan dimulai dengan menempatkan ubin awal (yang memiliki punggung lebih gelap) di tengah meja. Sisa ubin dikocok dan ditempatkan di beberapa tumpukan menghadap ke bawah. Setiap pemain, pada gilirannya, mengambil ubin dari tumpukan, mengungkapkannya dan apk download happymod meletakkannya di atas meja, sehingga memiliki satu keunggulan yang sama dengan ubin yang sudah dimainkan. Kemudian dia dapat memutuskan apakah dia ingin menyebarkan pengikut di ubin itu. Pengikut dapat ditempatkan di ruas jalan sebagai pencuri, di lahan pertanian sebagai petani, di kota sebagai ksatria atau di biara sebagai biksu. Setiap kali sebuah kota, jalan, atau biara selesai, pemain dengan meeple paling banyak mencetak poin kemenangan dan mengambil semua meeple yang ditempatkan di konstruksi kembali ke persediaannya. Itu tidak berlaku untuk peternakan. Petani mendedikasikan diri untuk tanah mereka sampai akhir permainan, ketika setiap pertanian yang melayani kota yang telah selesai diberi skor. Jika lebih dari satu pemain memiliki meeples di jalan atau kota yang sama, maka pemain dengan meeples paling banyak mendapatkan semua poin. Ketika dua atau lebih pemain mengikat dengan pencuri atau ksatria paling banyak, mereka masing-masing mendapatkan poin total untuk jalan atau kota.
Bagian tersulit dari gim ini adalah pemain lain dapat mencoba dan mengendalikan kota, jalan, atau pertanian Anda dengan menempatkan lebih banyak meeples di sana daripada Anda. Karena tidak ada yang bisa menempatkan meeple di kota, jalan atau pertanian dengan meeple yang ada, yang hanya bisa dilakukan secara tidak langsung. Yaitu dengan menempatkan mis. ksatria di ubin dekat kota yang ingin Anda ambil alih, dengan harapan kedua bagian kota pada akhirnya akan bergabung.
Permainan berakhir ketika semua ubin ditempatkan di atas meja. Pemain mendapat skor untuk kota, jalan, serambi, dan peternakan mereka yang tidak lengkap, tetapi tidak kalah pentingnya. Siapa pun yang memiliki pengikut paling banyak di pertanian, mengambil semua poin dari pertanian itu dan pemain lain yang juga memiliki pengikut di pertanian itu tidak mendapatkan apa-apa. Jika jumlah pengikut dari setiap pemain sama, semua pemain ini mendapatkan poin yang sama.
Kesan pertama
Membuka kotak Carcassonne, mengungkapkan seikat bagus ubin karton bergambar indah, beberapa meeples kayu, trek penilaian dan buku aturan 6 halaman. Aturan mainnya cukup mudah dan contoh ilustrasi membantu memperjelas pertanyaan apa pun. Dalam beberapa menit Anda dapat mulai memainkan permainan, yang berlangsung sekitar 45 menit. Memainkan beberapa game pertama sangat menyenangkan bagi semua pemain dan saya harus mencatat bahwa kebanyakan dari kita merasa cukup kecanduan dan ingin sekali bermain lagi (untuk membalas dendam atau memperbaiki teknik kita). Kesan pertama, acungan jempol! Sejak itu saya memainkan permainan beberapa kali lagi dan inilah penilaian saya pada kategori penilaian kami yang biasa: